My Little Heart

Pages

Selasa, 02 Juni 2015

PROPOSAL PKM - KERUPUK SUSU SAPI PUJON MALANG

A.      JUDUL
KERUPUK SUSU SAPI PUJON MALANG

B.       LATAR BELAKANG
Indonesia merupakan negara yang memiliki kesuburan tanah yang sangat tinggi. Hal ini berbanding lurus dengan pertanian dan peternakan yang berkembang di Indonesia. Baik pertanian dan peternakan yang ada di Indonesia, keduanya berkembang sejalan. Salah satu peternakan yang berkembang di Indonesia adalah peternakan sapi. Dari peternakan sapi tersebut, dapat di hasilkan daging dan susunya.
Susu sapi adalah salah satu jenis minuman yang bermanfaat besar bagi kesehatan. Kandungan nutrisi dan rasa yang manis membuat produk susu disukai banyak orang, termasuk orang dewasa. Susu sapi  umumnya lebih banyak digunakan untuk bahan produk makanan atau minuman yang bercita rasa manis, seperti es krim, kue, dan lain-lain. Namun, susu sapi juga dapat digunakan untuk membuat makanan non-sweetness. Salah satunya yaitu kerupuk susu.
Kerupuk merupakan salah satu makanan ringan yang dapat di jadikan camilan ataupun sebagai pelengkap saat makan. Kerupuk bagi orang Indonesia merupakan menu wajib yang harus ada.
Salah satu daerah di kabupaten Malang sebagai penghasil susu sapi segar adalah Pujon. Pujon terletak di daerah Malang sebelah barat, yang mana daerah ini mampu menghasilkan susu sapi segar setiap harinya. Akan tetapi, kurangnya pengetahuan warga setempat membuat susu sapi segar tersebut hanya di jual ke pabrik melalu koperasi dan pengepul. Selain itu, susu sapi segar juga hanya di jual eceran kepada pemesannya dan kalau tidak habis terjual tentu susu sapi tersebut akan dibuang percuma karena sudah tidak bagus lagi. Hal seperti ini tentu kurang baik mengingat susu sapi tersebut masih dapat di olah menjadi makanan yang dapat bernilai jual.
Oleh karena itu, menanggapi hal seperti itu di buatlah sebuah usaha sebagai pemanfaatan susu sapi di daerah Pujon untuk membuat sebuah produk yang mempunyai nilai jual yang lebih.

C.       PERUMUSAN MASALAH
Bagaimana cara pemanfaatan susu sapi hasil peternakan menjadi produk olahan berupa kerupuk susu yang sehat dan bernilai jual serta bagaimana membuat peluang usaha bagi masyarakat sekitar khususnya yang memiliki produksi susu berlebih.

D.      TUJUAN
1. Membuat usaha kerupuk susu yang sehat, enak dan berpotensi peluang usaha bagi masyarakat khususnya di daerah Pujon.
2. Mengembang promosi olahan susu sapi dengan produk kerupuk susu yang sehat dan enak.
3. Menjual produk kerupuk susu yang sehat dan bernilai ekonomis dengan standar home industri.  

E.       LUARAN YANG DIHARAPKAN
1.    Produksi olahan susu sapi daerah Pujon.
2.    Menjadikan warga kreatif dan inovatif dengan hasil peternakan sapi yang ada.

F.       KEGUNAAN
1.      Menciptakan dan menyalurkan kreativitas masyarakat Pujon.
2.      Menjadikan tempat produksi olahan pangan yang inovatif dari susu sapi.

G.      GAMBARAN UMUM MASYARAKAT SASARAN
1. Program Kreatifitas Mahasiswa Kewirausahaan akan dilaksanakan di daerah Kecamatan   Pujon Kabupaten Malang yang merupakan salah satu daerah penghasil susu sapi.
2.    Warga yang sebagian besar sebagai petani dan peternak.
 Kecamatan Pujon merupakan daerah yang cukup berpotensi dibidang pertanian, peternakan, dan perkebunan.

0 komentar:

Posting Komentar