My Little Heart

Pages

Sabtu, 02 Maret 2013

Apa itu teknik informatika dan system informasi?


Jurusan teknik informatika itu adalah ,jurusan yang mempelajari sekumpulan ilmu disiplin dan teknik yang secara khusus mempelajari atau menangani masalah transformasi , pengolahan data dan menggunakan dengan seoptimal mungkin ilmu komputer melalui proses logika ,

Jurusan apa aja yang ada di dalam informatika ?
Suatu saat ada adik kelas yang bertanya nih kaka kalo di informatika tuh ada jurusan apa aja sih ?” , nah sekarang sekalian deh saya jawab pertanyaan nya

Di informatika terrdiri dari yaitu
-       System Informasi (SI)
-       Dasar-dasar pemrograman
-       Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) ,
-       Desain basis data
-       Logika Algoritma
-       Artifichal Intelegent (AI)
-       Jaringan
-       Dan lain-lain 

Pengertian Sistem 
Murdick dan Ross (1993) mendefinisikan sistem sebagai seperangkat elemen yang digabungkan satu dengan lainya untuk suatu tujuan bersama.
Kamus Webster’s Unbriged adalah elemen-elemen yang saling berhubungan membentuk satu kesatuan atau organisasi.
Scott (1996) mengatakan sistem terdiri dari unsur-unsur seperti masukan (input) ,  pengolahan (processing), serta keluaran(output),  dan ciri pokok sistem menurut Gapspert ada empat, yaitu sistem itu beroperasi dalam suatu lingkungan, terdiri atas unsur-unsur, ditandai dengan saling berhubungan dan mempunyai satu fungsi atau tujuan utama. Mc. Leod (1995) mendifinisikan sistem sebagai sekelompok elemen-elemen yang terintegrasi dengan maksud yang sama untuk mencapai suatu tujuan. Sumberdaya mengalir dari elemen output dan untuk menjamin prosesnya berjalan dengan baik maka dihubungkan dengan mekanisme control. Dari beberapa pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa sistem adalah suatu kumpulan komponen yang saling terkait dan terpadu untuk suatu tujuan tertentu.Sistem Juga mempunyai beberapa komponen inti yaitu input, process, output. 

Pengertian Informasi 
Pengertian Informasi Menurut Raymond Mc.leod   Informasi adalah data yang telah diolah menjadi bentuk yang memiliki arti bagi si penerima dan bermanfaat bagi pengambilan keputusan saat ini atau mendatang.
Pengertian Informasi Menurut Tata Sutabri, S.Kom., MM adalah data yang telah diklasifikasikan atau diolah atau diinterpretasikan untuk digunakan dalam proses pengambilan keputusan.
Pengertian Informasi Menurut Jogiyanto HM., (1999: 692), “Informasi dapat didefinisikan sebagai hasil dari pengolahan data dalam suatu bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi penerimanya yang menggambarkan suatu kejadian – kejadian (event) yang nyata (fact) yang digunakan untuk pengambilan keputusan”.
Abdul Kadir (2002: 31); McFadden dkk (1999) mendefinisikan informasi sebagai data yang telah diproses sedemikian rupa sehingga meningkatkan pengetahuan seseorang yang menggunakan data tersebut.
Pengertian Informasi Menurut George H. Bodnar, (2000: 1), “Informasi adalah data yang diolah sehingga dapat dijadikan dasar untuk mengambil keputusan yang tepat”.
Dari beberapa pengertian di atas dapat di simpulkan bahwa informasi adalah suatu hasil dari data yang sudah di olah. Adapun dari piramida Informasi mempunyai urutan dari yang terbawah sampai yang teratas yakni fakta, data, informasi, pengetahuan dan kebijaksanaan. 

Sistem Informasi dan Teknologi Informasi adalah hal yang berbeda namun saling erat kaitannya. Sistem Informasi (SI) yaitu bidang ilmu yang mempelajari antara lain tentang bagaimana membangun dan mengintegrasikan solusi teknologi informasi dengan proses bisnis yang ada, sehingga suatu institusi bisnis akan dapat mencapai tujuannya dengan efektif dan efisien. Sebuah sistem informasi mengumpulkan, memproses, menyimpan, menganalisis, dan menyebarkan informasi untuk tujuan yang spesifik. 
Sedangkan Teknologi Informasi (IT) mempelajari antara lain tentang bagaimana sebuah sistem informasi di sebuah institusi sudah tepat keberadaannya, berfungsi sesuai harapan, mudah dalam pengaturan operasional, serta aman. Selain itu aspek non-teknis seperti memahami kebutuhan dari pengguna akhir, menterjemahkan kebutuhan manajemen, dan hal-hal praktis lainnya juga dipelajari. Teknologi Informasi adalah segala bentuk teknologi yang diterapkan untuk memproses dan mengirimkan infromasi dalam bentuk elektronis.
Teknologi Informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer (perangkat keras dan perangkat lunak) yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi.
Jadi kesimpulannya Sistem Informasi adalah suatu sistem yang melibatkan Teknologi Informasi. Dengan kata lain, Teknologi Informasi adalah bagian yang tidak terpisahkan dari Sistem Informasi itu sendiri, Efektifitas dan efisiensi dari suatu Sistem Informasi sedikit banyak bergantung dari Teknologi Informasi yang digunakan. Semakin modern dan baik Teknologi Informasi yang digunakan akan membuat Sistem Informasi menjadi semakin baik pula.

0 komentar:

Posting Komentar