My Little Heart

Pages

Sabtu, 02 Maret 2013

Peran Sistem Informasi salam Organisasi



Sistem adalah definisi paling umum dari sekumpulan elemen yang saling berkaitan dan saling mempengaruhi. Sistem juga merupakan alternatif yang diterapkan dalam suatu kegiatan agar dapat terlaksana dengan baik.
Scott (1996) mengatakan "Sistem terdiri dari unsur-unsur seperti masukan (input), pengolahan (processing), serta keluaran (output)". Dan ciri pokok sistem menurut Gapspert ada empat, yaitu sistem itu beroperasi dalam suatu lingkungan, terdiri atas unsur-unsur, ditandai dengan saling berhubungan dan mempunyai satu fungsi atau tujuan utama.
Sedangkan informasi, mempunyai manfaat dan peranan yang sangat penting di dalam suatu organisasi. Tidak adanya suatu informasi, suatu organisasi tidak dapat berjalan dengan efektif dan efisien. Informasi merupakan sebuah data yang telah diolah sedemikian rupa sehingga menjadi bentuk yang bermanfaat untuk orang yang menerimanya. Suatu system jika tidak terdapat informasi, maka tidak akan berguna. Karena suatu system yang tidak mendapatkan informasi akan mengalami kesusahan dan akhirnya berhenti.
System informasi adalah sebuah system yang menerima data sebagai inputnya, memprosesnya menjadi informasi merupakan processingnya, dan kemudian menjadi sebuah informasi sebagai outputnya.

System informasi secara umum mempunyai beberapa peranan di dalam sebuah organisasi, yaitu:
-       Meminimalkan resiko
Suatu organisasi pasti mempunyai resiko, apalagi dari sector keuangan. Pada umumnya, resiko itu berasal dikarenakan kesalahan dalam memasukkan data, sehingga output nya pun tidak sesuai dengan yang kita inginkan.
-       Menambahkan value
Dengan adanya system informasi, barang-barang
-       Membuat suatu persaingan baru
Dengan pesatnya perkembangan dunia IT, membuat suatu persaingan baru, yaitu untuk urusan promosi. Karena beberapa perusahaan saat ini telah menggunakan dunia maya sebagai suatu alat promosi mereka.
-       Reduce cost

Keuntungan adanya system informasi dalam sebuah organisasi:
1. Dari manual ke otomatis.
2. Hemat waktu
3. Dapat menghemat biaya promosi dan pemasaran.

0 komentar:

Posting Komentar