My Little Heart

Pages

Rabu, 10 April 2013

COMPUTER SOFTWARE



APPLICATION SOFTWARE
Software aplikasi atau software aplikasi adalah software program yang memiliki aktivitas pemrosesan perintah yang diperlukan untuk melaksanakan permintaan pengguna dengan tujuan tertentu. 

Macam-macan Software:
- Software berbayar merupakan perangkat lunak yang didistribusikan untuk tujuan komersil, setiap pengguna yang ingin menggunakan atau mendapatkan software tersebut dengan cara membeli atau membayar pada pihak yang mendistribusikannya.

- Freeware atau perangkat lunak gratis adalah perangkat lunak komputer berhak cipta yang gratis digunakan tanpa batasan waktu,

- Shareware juga bebas tetapi lebih dibatasi untuk waktu tertentu. Shareware adalah program terbatas didistribusikan baik sebagai demonstrasi atau versi evaluasi dengan fitur atau fungsi yang terbatas atau dengan menggunakan batas waktu yang ditetapkan (misalnya 30 hari).

CONTOH SOFTWARE:
APLIKASI WEB BROWSER
Web Browser merupakan aplikasi perangkat lunak yang mendukung navigasi melalui sumber titik-titik dan klik web surfing web menjadi sebuah platform perangkat lunak universal untuk aplikasi yang berbasis internet. Jenis-Jenis Aplikasi web browser : Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera Mini, Comodo Dragon, Safari dll. 
Beberapa Fasilitas yang disediakan Web Browser, yaitu:
-  Email
-  Instant Messaging,
-  Weblog atau blog
-  Jejaring Sosial, dst.

WORD PROCESSING AND DEKSTOP PUBLISHING
Word Processing
biasanya digunakan untuk Membuat, Mengedit, Meninjau Kembali dan Mencetak Dokumen. Contohnya : Microsoft Word, Lotus Word Pro and Corel Word Perfect.

Dekstop Publishing
biasanya digunakan untuk Menghasilkan bahan cetak yang terlihat secara professional yang diterbitkan. Contohnya : Adobe Page Maker, Microsoft Publisher, QuarkXPress.

PERSONAL INFORMATION MANAGER AND GROUPWARE
Personal Information Manager (PIM)
adalah perangkat lunak untuk produktivitas pengguna akhir dan menyimpan informasi tentang klien, jadwal, mengelola janji, mengelola tugas-tugas. Contohnya : Lotus Organizer, Microsoft Outlook

Groupware
adalah perangkat lunak yang dapat membantu workgroups kolaborasi dalam tugas-tugas email, diskusi kelompok, database dan videoconference. Contohnya : Lotus Notes, NovellGroupWise,Microsoft Exchange.

PEMBANGUNAN OUTSOURCING DAN PEMELIHARAAN PERANGKAT LUNAK
Application Service Providers (ASPs)
merupakan perusahaan yang memiliki, mengoperasikan dan memelihara aplikasi perangkat lunak dan system daya computer menggunakan aplikasi untuk biaya- bayar atas -saat internet.

Software Licensing
merupakan Semua Perangkat lunak dilisensikan dan untuk menggunakan perangkat lunak itu maka harus membeli licenci tersebut dan mematuhi syarat yang tercantum dalam licenci tersebut.

System Software
Sistem Software adalah Perangkat lunak yang mengelola dan mendukung Sistem Komputer.
Sistem Management Program
Program-program yang mengelola perangkat keras, perangkat lunak, jaringan, sumber daya dan data. Contohnya: OS, Network Management Sistem, Sistem Utilities.

Sistem Development Programs
Program – program yang membantu pemakai system informasi mengembangkan program.

Operation System
Sistem Operasi merupakan sebuah penghubung/interface antara pengguna dari komputer dengan perangkat keras komputer. Beberapa jenis system operasi:
Windows
-  GUI, multitasking, networking, multimedia
-  System operasi dari Microsoft
-  Versi berbeda mengelola server

Unix
-  Multitasking, multiuser, network-managing
-  Portable, dapat berjalan pada mainframes, midrange and PCs

Linux
-  Murah, system operasi mirip unix
-  Open source

Mac OS x
-  Sistem operasi untuk Apple iMac
-  GUI, multitasking, multimedia

Bahasa Pemrograman
Machine Languages
Generasi pertama bahasa semua petunjuk program harus ditulis menggunakan kode biner yang unik untuk setiap komputer programmer harus tahu operasi internal jenis spesifik dari CPU.

Assembler Languages
Generasi kedua bahasa simbol-simbol yang digunakan untuk mewakili kode operasi dan lokasi penyimpanan perlu program penerjemah bahasa untuk mengkonversi petunjuk ke petunjuk mesin digunakan oleh programmer sistem (yang program perangkat lunak sistem).

High Level Languages
Generasi ketiga bahasa instruksi yang menggunakan pernyataan singkat atau aritmatika ekspresi Macroinstructions: setiap pernyataan menghasilkan beberapa petunjuk mesin ketika diterjemahkan oleh penyusun atau juru bahasa mudah untuk mempelajari daripada assembler mesin independen kurang efisien daripada assembler.

Fourth Generation Languages
Berbagai bahasa-bahasa pemrograman yang nonprocedural dan percakapan Nonprocedural, penyelamat pengguna menentukan hasil yang mereka inginkan sementara komputer menentukan urutan petunjuk yang akan mencapai mereka hasil bahasa alami, penyelamat sangat dekat dengan bahasa Inggris atau bahasa lainnya manusia

0 komentar:

Posting Komentar