My Little Heart

Pages

Kamis, 13 Juni 2013

E - COMMERCE SYSTEM

E_Commerce merupakan penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisiwww, atau jaringan komputer lainnya. E-Commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis. E-dagang atau e-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll.
7 KUNCI SUKSES DALAM E-COMMERCE
      1.      Menyediakan harga kompetitif
      2.      Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.
      3.      Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
      4.      Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon.
      5.      Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
      6.      Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.
      7.      Mempermudah kegiatan perdagangan
PROSES E_COMMERCE

E-commerce digunakan sebagai transaksi bisnis antara perusahaan yang satu dengan perusahaan yang lain, antara perusahaan dengan pelanggan (customer), atau antara perusahaan dengan institusi yang bergerak dalam pelayanan public.
Secara umum e-commerce dapat diklasifasikan sebagai berikut :
      - Business to Business (B2B) 
      Adalah sistem komunikasi bisnis on-line antar pelaku bisnis, dalam Business to Business pada umumnya transaksi dilakukan oleh para trading partners yang sudah saling kenal dengan format data yang telah disepakati bersama.
      - Business to Consumer (B2C) 
      Merupakan mekanisme toko on-line (electronic shopping mall), yaitu transaksi antara e-merchant dengan e-customer sifatnya terbuka untuk publik, sehingga setiap individu dapat mengaksesnya melalui suatu web server.
 
      - Costumer to Costumer (C2C)
      Merupakan Jenis model bisnis yang memfasilitasi interaksi antara pelanggan. Pelanggan untuk pelanggan bisnis individu menyediakan tempat untuk berkomunikasi, bertukar dan berinteraksi dengan orang lain.
ESSENTIAL E-COMMERCE PROCESS ARCHITECTURE


         - Access Control and Security
E-commerce harus menetapkan proses saling percaya dan  memakai akses yang aman, antara para pihak dalam transaksi e-commerce. Otentikasi pengguna, otorisasi akses dan menegakkan fitur keamanan yang harus lebih diutamakan.
        - Profiling and Personalizing
Mengumpulkan data tentang Anda dan website perilaku dan pilihan Anda. Membangun profil elektronik karakteristik dan preferensi Anda. Profil yang digunakan untuk mengenali Anda dan menyediakan Anda dengan pandangan pribadi dari isi situs dengan rekomendasi produk dan personalisasi iklan. Ini merupakan satu-satunya strategi pemasaran.
        - Search Management
Proses pencarian yang membantu pelanggan menemukan produk tertentu atau jasa yang mereka inginkan untuk mengevaluasi atau membeli.
        - Content and Catalog Management
Manajemen konten à perangkat lunak yang membantu perusahaan berkembang, e-commerce menghasilkan, memberikan, memperbarui, dan arsip data multimedia teks dan informasi di situs e-commerce.
Manajemen katalog à perangkat lunak yang membantu menghasilkan dan mengelola konten. katalog Pelanggan dapat mendukung dan mass-customization swalayan produk, misalnya, konfigurasi manajemen. komputer dell
        - Workflow Management
Perangkat lunak yang membantu karyawan secara elektronik berkolaborasi untuk menyelesaikan tugas-tugas kerja terstruktur dalam proses bisnis berbasis pengetahuan. Memastikan transaksi tepat, keputusan, dan kegiatan yang dilakukan dan data serta dokumen yang dikirim ke karyawan, pelanggan, atau pemasok dianggap benar.
        - Event Notification
Kebanyakan aplikasi e-commerce event-driven. Menanggapi peristiwa pelanggan yang akses situs web pertama, pembayaran dan pengiriman. Event notifikasi software memonitor proses e-commerce. Catatan semua peristiwa yang relevan termasuk masalah situasi. Memberitahukan semua stakeholder yang terlibat.
        - Collaboration and Trading
Proses yang mendukung kolaborasi vital pengaturan dan layanan trading. Dibutuhkan oleh pelanggan, pemasok, dan pemangku kepentingan lainnya. Komunitas online yang menarik. E-mail, chatting, dan diskusi kelompok. Meningkatkan layanan pelanggan dan membangun loyalitas pelanggan.
        - Electronic Payment Processes
Proses pembayaran web. Proses keranjang belanja. Proses pembayaran kartu kredit. Proses pembayaran lainnya yang lebih kompleks. Transfer dana elektronik (TDE). Menangkap dan memproses transfer uang dan kredit antara bank dan bisnis dan pelanggan mereka.
        - Securing Electronic Payment
Jaringan sniffers àPerangkat lunak yang mengakui dan penyadapan format nomor kartu kredit.
Langkah-langkah keamanan untuk memerangi à Mengenkripsi data (kode dan berebut) antara pelanggan dan pedagang. Mengenkripsi otorisasi kartu kredit. Mengambil informasi sensitif secara off-line.
E-COMMERCE TRENDS


E-COMMERCE SUCCESS FACTORS
Seleksi dan nilai à Pilihan menarik produk, harga yang kompetitif, menjamin kepuasan, dan dukungan pelanggan setelah penjualan.
Layanan dan kinerja à Navigasi cepat, mudah, belanja, dan membeli, dan pengiriman prompt dan pengiriman.
Tampilan dan nuansa à Situs web menarik (tampilan took), pengiriman daerah, halaman Katalog Produk multimedia, dan fitur belanja.
Adapun Web Storage Requirementnya adalah :
·         Advertising and Incentives
Halaman web target iklan dan e-mail promosi, diskon dan Penawaran khusus, termasuk iklan di situs afiliasi.


·         Personal Attention
Perhatian pribadià Halaman web pribadi, rekomendasi produk pribadi, Web iklan dan e-mail pemberitahuan, dan interaktif dukungan untuk semua pelanggan.
·         Community Relationship
Komunitas virtual dari pelanggan, pemasok, wakil perusahaan, dan lain-lain melalui newsgroup, chat room, dan link ke situs terkait.
·         Security and Reliability
Keamanan informasi pelanggan dan situs transaksi, informasi produk dapat dipercaya, dan pemenuhan order yang dapat diandalkan.
E-COMMERCE MARKETPLACES
      1. One to many à  Deskripsi sisi-Jual pasar menjadi tuan rumah satu pemasok utama yang menentukan Penawaran Katalog Produk dan harga.
      2. Many to One à Deskripsi sisi-Beli pasar menarik perhatian banyak pemasok yang berduyun-duyun ke pertukaran ini untuk mengajukan tawaran pada bisnis utama pembeli.
      3. Some to Many à Deskripsi distribusi pasar bersatu pemasok utama yang menggabungkan mereka Katalog Produk untuk menarik khalayak yang lebih besar pembeli.
      4. Many to Some à Pengadaan pasar menyatukan pembeli utama yang menggabungkan Katalog pembelian untuk menarik lebih banyak pemasok dan dengan demikian lebih kompetisi dan harga yang lebih rendah.
      5. Many to Many à Lelang pasar yang digunakan oleh banyak pembeli dan penjual yang dapat menciptakan berbagai pembeli atau Penjual, lelang secara dinamis mengoptimalkan harga.

0 komentar:

Posting Komentar